Penyakit Demam Berdarah

Blog Dokter - Penderita Demam Berdarah di Sleman Meningkat : kata Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Mafilinda Nuraeni, Ahad, 30 Desember 2012. Pada akhir Desember 2012, penderita penyakit demam berdarah di Kabupaten Sleman meningkat. Terlebih puncak musim hujan pada Januari 2013 perlu diwaspadai karena saat itu banyak populasi nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. Pada 2011 hingga akhir tahun hanya ada 164 penderita demam berdarah.


Pada akhir Desember 2012, jumlah penderita penyakit itu bertambah menjadi 182 orang. "Namun, pada 2011 dan 2012 tidak ada yang  meninggal akibat demam berdarah. Data yang kami terima dari TEMPO.CO, Yogyakarta, Senin, 31 Desember 2012 | 09:49 WIB.

Penyakit Demam Berdarah sendiri adalah disebabkan oleh adanya virus dengue di dalam darah manusia, virus dengue ini disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti melalui gigitan pada kulit, sehingga seseorang dengan daya tahan yang sedang tidak baik akan lebih mudah terserang penyakit demam berdarah ini. Virus ini menyerang darah dan mengakibatkan adanya pembekuan, sehingga terjadi pendarahan. Penyakit Demam Berdarah dengan penanganan yang terlambat bisa menyebabkan kematian. Untuk itu marilah kita beajar sedikit hal umum mengenai penyakit ini.

Gejala atau tanda-tanda umum penyakit demam berdarah :
  1. Pada awal terjangkit virus dengue sebagai penyebab peyakit demam berdarah tadi, penderita belum merasakan apapun, masa inkubasi adalah 4 hari sampai 2 minggu.
  2. Penyakit demam berdarah diawali dengan demam yang tinggi secara tiba-tiba 38-40 derajat.
  3. Pada saat di uji torniquet muncul tanda awal pendarahan
  4. Adanya pendarahan pada bagian dalam kelopak mata, mimisan, serta BAB dengan darah dan lendir, ini juga sebuah indikasi terserang penyakit demam berdarah.
  5. Penurunan Trombosit sampai 100000/mm3
  6. Adanya pembengkakan pada bagian hati
  7. Ada tanda kejang, mual dan muntah, nafsu makan drastis berkurang
  8. Sakit pada persendian tulang akibat panas atau demam tinggi
  9. Pembuluh darah yang mengalami pendarahan menyebabkan keluarnya bintik merah pada permukaan kulit.
 Jika Anda atau keluarga sudah mengalami beberapa tanda dari tersebut di atas, maka jangan ambil resiko dengan pengobatan/perawatan di rumah kecuali Anda Ahli dan tau apa yang Anda lakukan, segera konsultasikan ke dokter terdekat, karena dokter sudah dibekali ilmu mengenai penyakit ini dan cara pengobatan, serta cara perawatan.  :o

Penyakit Demam Berdarah sendiri tergolong unik, pasalnya gejala penyakit demam berdarah bisa berubah-ubah, untuk lebih memastikan nya maka lebih akurat dengan melakukan tes darah. Jika Anda atau anak demam tinggi, dan curiga demam berdarah, maka segera lakukan tes darah, jangan sampai terlambat.

 Mencegah akan lebih baik daripada mengobati, ini dalah slogan yang sangat patut diikuti, penyakit demam berdarah dibawa oleh nyamuk, untuk itu agar kita terhindar atau mengurangi resiko terkena penyakit demam berdarah maka hal yang paling mendasar adalah mengurangi ruang gerak atau tempat berkembang biak nya nyamuk ini di lingkungan tempat tinggal kita.

Berikut beberapa upaya pencegahan berkembangnya penyakit demam berdarah :
Sesering mungkin kuraslah tempat penyimpanan air Anda yang sudah ada jentik nyamuknya, dengan menguras secara berkala, potensi berkembangnya jentik nyamuk terkurangi.
Menutup bak-bak atau tempat penyimpanan untuk mencegah nyamuk meletakan telur.
Kuburlah barang2 yang berpotensi menyebabkan genangan air, seperti ember bekas, tempolong/kaleng, ban bekas dll.
 Oke demikian mengenai Penyakit Demam Berdarah yang bisa saya share di blog ini, kami sengaja tidak menyantumkan bahasa medis yang akan sulit dipahami pembaca. Jika Anda ingin keterangan secara medis dan cara penanganan yang lengkap, silahkan membaca buku-buku kedokteran yang banyak tersebar di toko buku. Tetap Waspada terhadap Penyakit Demam Beradarah, Salam Sehat !!

Powered: Crystal X | Crystal X Murah | Crystal X For Women | Crystal X

Artikel Kali Ini Berjudul : Penyakit Demam Berdarah  Jika Anda Belum Sempat Membaca Sekarang Anda Bisa Membookmark ( Tekan CTRL+D ) Penyakit Demam Berdarah ini dengan url http://obatkeputihanwenita.blogspot.com/2013/01/penyakit-demam-berdarah.html, Jika Dirasa Artikel Ini Sangat Bermanfaat Dan Anda Ingin Membagikan: Penyakit Demam Berdarah Kami Persilahkan, Tapi Tolong Ya Cantumkan Link Saya: Penyakit Demam Berdarah.

Description: Penyakit Demam Berdarah Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Penyakit Demam Berdarah

0 komentar:

Posting Komentar